Berbicara tentang Waktu, Hari, dan Tanggal

Dalam tajuk ini, Anda akan belajar cara berbicara tentang waktu, hari, dan tanggal dalam bahasa Jepun. Berikut adalah huraian mendalam serta contoh penggunaannya:

  1. Waktu:
  • Nan ji desu ka?: Jam berapa? Contoh: Kyoo wa nan ji desu ka? (Jam berapa hari ini?)
  • Gozen: Pagi (antara pukul 12 pagi hingga pukul 11 pagi) Contoh: Watashi wa gozen ni okimasu. (Saya bangun pada pukul 7 pagi.)
  • Gogo: Sore (antara pukul 12 siang hingga pukul 6 sore) Contoh: Gogo ichiji ni aemasu. (Saya dapat bertemu pada pukul 1 sore.)
  • Yoru: Malam (antara pukul 6 sore hingga pukul 12 malam) Contoh: Yoru juuniji ni nemasu. (Saya tidur pada pukul 10 malam.)
  1. Hari:
  • Getsuyoubi: Senin Contoh: Getsuyoubi ni gakkou e ikimasu. (Saya pergi ke sekolah pada hari Senin.)
  • Kayoubi: Selasa Contoh: Kayoubi wa eiga o mimasu. (Saya menonton film pada hari Selasa.)
  • Suiyoubi: Rabu Contoh: Suiyoubi ni tomodachi to asobimasu. (Saya bermain dengan teman pada hari Rabu.)
  • Mokuyoubi: Kamis Contoh: Mokuyoubi wa shigoto ga isogashii desu. (Hari Kamis saya sibuk dengan pekerjaan.)
  1. Tanggal:
  • Nan nichi desu ka?: Tanggal berapa? Contoh: Kyou wa nan nichi desu ka? (Tanggal berapa hari ini?)
  • Tsuitachi: Tanggal 1 Contoh: Ashita wa tsuitachi desu. (Besok tanggal 1.)
  • Nijuu go nichi: Tanggal 25 Contoh: Watashi no tanjoubi wa nijuu go nichi desu. (Ulang tahun saya tanggal 25.)
  • San juu ichi nichi: Tanggal 31 Contoh: Tsukihi wa san juu ichi nichi arimasu. (Bulan memiliki 31 hari.)

 

0 comments:

Post a Comment