Belajar Tatabahasa A wa B de C desu

 

A は B で  C です
   wa  B  de C desu
A  adalah  B, C


A    : subjek
wa    : kata bantu untuk subjek
B    : predikat
de    : singkatan dari "desu'' (digunakan untuk mengabungkan ayat)
C    : predikat
desu    : adalah/ialah



contoh:

1.    watashi wa sakura desu.
        私はさくらです
        saya sakura

2.    watashi wa ginkōin desu.
        私は銀行です
        saya adalah pegawai bank


ayat 1 + 2


watashi wa sakura de ginkōin desu.
私はさくらで銀行です
saya sakura,(seorang)pegawai bank



"A wa B de C desu" adalah pola kalimat dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk menjelaskan atau menunjukkan lokasi atau tempat sesuatu atau seseorang. Dalam pola kalimat ini, "A", "B", dan "C" mewakili kata-kata atau frasa yang ditempatkan pada posisi yang sesuai.

 

Beberapa contoh penggunaan pola "A wa B de C desu" adalah sebagai berikut:

 

  • 私はアメリカで生まれました。(Watashi wa Amerika de umaremashita) - Saya lahir di Amerika.
  • テーブルの上に本があります。(Te-buru no ue ni hon ga arimasu) - Buku ada di atas meja.
  • 駅はここから徒歩で10分です。(Eki wa koko kara toho de juppun desu) - Stasiun berjarak 10 menit berjalan kaki dari sini.
  • 彼女は日本語の先生であり、友達でもあります。(Kanojo wa nihongo no sensei de ari, tomodachi demo arimasu) - Dia adalah guru bahasa Jepang dan juga teman saya.
  • 私の家は山の中にあります。(Watashi no ie wa yama no naka ni arimasu) - Rumah saya berada di tengah-tengah pegunungan.

Pola kalimat "A wa B de C desu" sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari ketika kita ingin menunjukkan atau menjelaskan tentang lokasi atau tempat sesuatu atau seseorang. Pola kalimat ini juga merupakan salah satu pola kalimat dasar dalam bahasa Jepang dan penting untuk dipelajari bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Jepang.


0 comments:

Post a Comment